Konversi Satuan Berat Lebih Mudah dengan Tangga Satuan Berat

Satuan berat telah anak pelajari mulai dari ia menginjak kelas dua. Mereka mulai kenal dengan satuan gram dan kilogram saja. Namun satuan berat ini akan terus dikembangkan hingga ia menduduki kelas tertinggi dalam dunia pendidikan.

Mungkin saat anak masih dalam tahap kelas dua, mereka tidak begitu terlalu kesulitan karena yang mereka pelajari hanya sebatas satuan gram dan kilogram saja. Namun seiring bertambahnya waktu, mereka mulai mempelajari satuan berat lebih kompleks. Untuk memudahkan anak belajar, maka dapat menggunakan tangga satuan berat.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang tua yang akan mengajari anak satuan berat menggunakan tangga satuan berat. Pedoman ini dapat anak pelajari karena mudah diingat, serta asyik bila guru atau orang tua mampu mengembangkan dengan model atau alat bantu yang menarik. Agar semakin senang belajar matematika menggunakan tangga satuan berat, maka simak beberapa kemudahan belajar matematika dengan tangga satuan berat berikut ini.

Mudah diingat

Anak tentunya lebih senang belajar menggunakan media yang memang menarik. Bila menggunakan tangga satuan berat, tentunya anak akan memahami dengan mudah. Hal ini karena fungsi tangga sendiri dalam kehidupan nyata ialah untuk naik dan turun. Sehingga pada akhirnya anak akan mengingat bila naik satu tingkat, maka akan dibagi 10. Bila turun satu tingkat, maka akan dikali 10.

Hanya bermain Nol

Konversi satuan berat menggunakan tangga satuan berat dapat ditanamkan sebuah pemikiran bahwa mereka sedang belajar sambil bermain nol. Bagaimana tidak, sebagai sebuah contoh misalkan ada pertanyaan seperti berikut :

25 kg = . . . gram

maka anak hanya tinggal mengalikan 25 kg x 1000 = 25.000 gram. Maka dapat diambil kesimpulan, konversi dari kg menjadi gram turun 3 anak tangga, sehingga dikali 1.000 maka orang tua atau guru tinggal memberi arahan agar anak cukup menambahkan 3 nol di belakang angka asli.

Mudah menghafal 7 tangga

Satuan berat yang ada pada tangga satuan berat terdapat 7 satuan. Diantara 7 satuan tersebut adalah Kg, Hg, Dag, gr, Dg, cg, Mg. Dengan keterangan sebagai berikut:

Kg = kilogram

Hg = Hektogram

Dag = Dekagram

Gr= Gram

Dg = Desigram

Cg = centigram

Mg = miligram

Satuan satuan berat tersebut dapat anak pelajari dengan mudah salah satunya dengan menggunakan singkatan seperti “Kiai Haji Darmono Gemar Duduk bersama Citra Meli” dari kalimat tersebut tentunya setiap kata yang tebal mewakili satu tingkat dari atas, mulai dari Kg sampai Mg.

Bagaimana? dengan uraian di atas lebih mudah bukan untuk mempelajari satuan berat menggunakan tangga satuan berat. Anda juga dapat mempercayakan keberhasilan putra putri anda saat belajar dengan jasa Pijar Belajar. Pijar Belajar adalah layanan OTT Edukasi Digital dari PT. Telkom Indonesia sebagai rebranding atas layanan IndiHome Study dengan misi dan visi membantu pemerataan pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam layanan ini tersedia Buku Sekolah Elektronik, Soal Latihan Belajar, Soal Latihan Ujian, dan Video Pembahasan. Selamat belajar!

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *