Manfaat Konsumsi Kolang Kaling, Salah Satunya Untuk Obati Nyeri Lutut

Manfaat kolang kaling bagi kesehatan memang jarang diketahui oleh banyak orang. Kolang kaling pada sebagian orang terkenal sebagai isi dari minuman ataupun bahan dasar pembuatan jajanan.

Kolang kaling memiliki tekstur yang kenyal dan juga warna yang sebenarnya transparan namun dapat bervariasi karena pewarna makanan. Bahan makanan yang satu ini berasal dari buah yang segar dan juga memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat kolang kaling bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

Manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh

Mengobati nyeri lutut

Manfaat kolang kaling yang pertama adalah untuk mengobati nyeri lutut. Pada usia di atas 30 tahun banyak sekali orang yang mengeluhkan nyeri pada bagian lututnya. Hal ini memang berawal dari makanan yang dulu dikonsumsi selama usia masih muda sehingga berdampak saat usia 30 tahunan.

Mungkin banyak yang bertanya tanya, mengapa kolang kaling bisa mengobati nyeri lutut? Kandungan kalsium yang baik pada buah kolang kaling menyebabkan kesehatan tulang dan sendi semakin terjaga.  Nyeri pada lutut juga dapat dikarenakan adanya radang sendi pada bagian lutut anda.

Radang sendi adalah keadaan sendi yang terasa kaku akibat adanya peradangan di sekitar sendi. Radang sendi bagian lutut inilah yang banyak orang kenal dengan istilah nyeri lutut. Nyeri lutut sebenarnya juga tidak hanya karena tulang ataupun sendi saja, melainkan karena kebiasaan yang dulu menjadi rutinitas, entah itu sebuah pekerjaan mengangkat beban berat atau kebiasaan lain yang menitiberatkan pada lutut.

Mengatasi dehidrasi

Manfaat dari buah kolang kaling selanjutnya yaitu untuk mengatasi dehidrasi. Kandungan air yang ada pada buah kolang kaling juga membuat tubuh terpenuhi akan kebutuhan mineral yang membantu tubuh tetap prima. Selain aktifitas yang padat, dehidrasi juga dapat disebabkan karena kurangnya kesadaran minum air.

Melancarkan sistem pencernaan

Kolang kaling juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membuat makanan tercerna dengan sempurna. Sehingga veses yang akan dibuang tentu tidak bertekstur padat dan mempermudah pembuangan.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Imun tubuh akan stabil bila semua nutrisi yang tubuh perlukan telah tercukupi. Inilah salah satu manfaat dari mengonsumsi kolang kaling yang mampu mentstabilkan bahkan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih produktif. Tubuh yang sehat akan memasang sistem imun yang kuat, sehingga tahan terhadap serangan virus dan juga bakteri yang mengancam.

Baca juga : Tips agar tubuh tetap bugar

Menstabilkan gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh akan normal bila yang anda konsumsi tidak melebihi batas. Namun bagi orang yang memang memiliki riwayat diabetes atau kelebihan gula darah tentunya akan mengontrol makanannya salah satunya dengan menghindari yang manis. Kolang kaling juga dapat membantu tubuh menstabilkan gula darah, sehingga perlahan kembali normal. Namun anda juga tetap harus memperhatikan dampak lain yang terjadi ketika mengonsumsi kolang kaling, karena setiap orang memiliki riwayat penyakit yang berbeda.

Meregenerasi kulit

Kolang kaling juga memiliki manfaat untuk meregenerasi kulit anda. Kulit yang kusam memang terdiri dari sel-sel kulit mati. Nah, sel kulit mati inilah yang nantinya akan tergantikan dengan sel sel yang baru dari nutrisi kolang kaling yang anda konsumsi.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral yang ada pada kolang kaling juga berupa zat besi. Artinya, dengan anda mengonsumsi kolang kaling, secara tidak langsung anda juga memberi nutrisi tubuh berupa kebutuhan akan zat besi. Inilah nantinya yang dapat menghindarkan anda dari anemia atau kekurangan darah merah.

Mengingat beragam manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh sebagaimana yang telah anda baca di atas, tentunya anda juga perlu mengonsumsinya secara bijak. Bagaimanapun juga semua akan normal dan baik bila sesuai dengan kebutuhan, dan akan buruk bila melebihi batas. Jadi, usahakan agar tetap mengimbangi kesehatan tubuh dengan berolahraga sehingga badan, tulang, bahkan sendi tetap sehat dan siap beraktifitas.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *